Thursday, July 30, 2015

Bergaya ala iklan "RCTI OKE" di Banjarmasin

Berpose ala RCTI oke di pasar terapung banjarmasin
Bagi kebanyakan orang Indonesia yang pernah merasakan hidup pada jaman tahun 90-an, pasti tidak asing dengan salah satu iklan dari channel TV-RCTI. Iklan yang menampikan jajaran penjual bahan pokok kebutuhan sehari-hari, yang tidak di jual di pasar kebanyakan namun berupa pasar terapung. Iklan berdurasi sangat singkat hanya sekitar 30 detik, dimana di bagian terakir ada seorang ibu yang mengacungkan jempol dengan background suara RCTI oke dibelakangnya. Apabila dilakukan penelitian lebih lanjut tentang "Apa yang anda bayangkan tentang tagline RCTI OKE?", Saya sangat yakin bahwa yang dibayangkan kebanyakan orang adalah pasar terapung yang ada di Banjarmasin. Berikut ada cuplikan iklan RCTI oke yang dilakukan di pasar terapung banjarmasin yang terkenal pada tahun 90-an untuk sedikit menyegarkan ingatkan kita.


Pada awal januari 2015, Saya merayakan pergantian tahun berpetualang bersama keluarga serta kerabat ke Banjarmasin, Kalimantan selatan. Banyak juga yang bertanya, ngapain sih liburan ke Banjarmasin emang ada apanya?. Kalau saya sih pada dasarnya pecinta traveling, jadi sangat senang berpetualang kemana saja.  Jujukan utama yang paling di tuju oleh banyak orang sudah pasti "Pasar terapung alias floating market". Pasar terapung di Banjarmasin adalah satu-satunya pasar terapung "ORI". Kenapa saya sebut "ORI", karena ada pasar apung di negara tetangga Thailand namun hanya buatan untuk kepentingan turis. Kalau di Banjarmasin merupakan pasar yang sudah ada puluhan tahun dan benar-benar difungsikan sebagai pasar untuk berbelanja kebutuhan masyarakat sehari-hari di sungai Martapura, Banjarmasin.
10393843_10205867232824081_99042349130173299_n
Duren terenak di dunia
Pasar terapung di Banjarmasin menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Mulai dari jajanan, buah, sayur mayur, pakaian, serta berbagai komoditas lainnya. Proses transaksi disana yaitu kita menggunakan kapal menuju lokasi para penjual, kemudian para penjual kan datang menghampiri kita serta menawarkan berbagai macam dagangan. Pada saat disana rombongan saya banyak membeli buah-buahan yang sangat lezat  serta berbagai macam jajanan. Kesan saya selama berada di pasar terapung adalah sangat indah dan unik sekali, tidak menyangka pasar seunik ini ada di Indonesia. Tidak lupa pula agenda narsis harus selalu masuk dalam kegiatan traveling saya, yang pasti saya bergaya ala iklan RCTI Oke donk biar ngeksis di sosial media, haha. Sangat sayang kalau masyarakat Indonesia sendiri tidak pernah berpetualang melihat keindahan negara sendiri, pasar terapung adalah salah satu bentuk nyata yang patut di banggakan. * Mr Dhani Saputra-2015 *.

No comments:

Post a Comment