Thursday, July 30, 2015

Kampung Coklat, Blitar, Jawa Timur

blitar2

Indonesia sebenarnya memiliki banyak sekali potensi alam yang masih bisa dikembangkan, namun belum dikelola secara lebih serius. Ada sebuah ide yang sangat menarik di kota Blitar, Jawa timur. Disana terdapat sebuah wisata baru yang sedang nge-tren yaitu Kampung Coklat. Pada dasarnya kampung coklat hanya berupa kebun coklat biasa. Namun berkat ide kreatif dari pengelola maka dibuatlah sebuah ide yang bernama kampung coklat. Di kampung coklat kita bisa duduk bercengkrama di bawah rindangnya pohon coklat. Suasana dibuat sangat menarik dan membuat kita betah duduk berlama-lama disana.

blitar1
Di kampung coklat kita bisa mencicipi aneka olahan makanan yang terbuat dari coklat. Banyak sekali makanan olahan coklat yang enak seperti es krim coklat, mi coklat dan coklat itu sendiri. Tiket masuk ke kampung coklat sangat terjangkau untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Saat pertama masuk kampung coklat kita akan disuguhkan banyak karung biji coklat. Setelah itu terdapat loket serta toko penjualan coklat. Di toko tersebut kita bisa membeli olahan coklat yang dibuat oleh pengelola rumah coklat. Lalu kita akan menjumpai kebun coklat yang telah disulap sedemikian rupa sehingga menjadi kebun yang rapi dan tertata.

blitar3

Saat di kebun coklat kami sekeluarga mencicipi aneka olahan yang dijual disana. Yang paling berkesan yaitu es krim coklat, dengan tingkat kekentalan yang sangat pas. Di kampung coklat juga ada tempat workshop yang dapat menghias coklat dengan membayar beberapa rupiah. Ide ini sangatlah menarik, karena banyak sekali kebun buah di Indonesia. Namun selama ini hanya digunakan untuk kegiatan produktif perkebunannya saja. Dengan inovasi semacam ini maka keuntungan bisa didapat dari dua hal sekaligus. Yaitu dari hasil perkebunan serta dari kegiatan wisata yang ada di perkebunan tersebut. *Mr Dhani Saputra - 2015*.

blitar4

No comments:

Post a Comment