Thursday, July 30, 2015

'Kota tahu' bumi Sumedang, Jawa Barat

Hampir semua orang Indonesia pasti pernah dengar tentang tahu Sumedang, bahkan mungkin pernah mencicipi kelezatan tahu ini. Yap tahu Sumedang merupakan tahu yang memiliki rasa dan tekstur khas yang tidak dimiliki tahu-tahu lainnya. Bahkan tahu Sumedang banyak juga dijual di kota lain di luar kota Sumedang. Namun rasa tahu Sumedang yang dibuat di luar kota, konon katanya tidak selezat yang asli. Banyak yang bilang dikarenaka perbedaan air serta kedelai yang digunakan, sehingga membuat erbedaan rasa itu. Membeli tahu sumedang biasanya menggunakan sebuah keranjang yang dibuat dari Bambu. Kota sumedang juga terkenal dengan daerahnya yang asri dan sejuk. Selain itu juga makanan dari Sumedang yang lezat seperti aneka olahan ikan tawar, ulen, dll.

Nenek dari Mama saya adalah orang Sumedang yang tinggal di Cibeurem. Tradisi keluarga kami biasanya tiap tahun mudik ke Sumedang. Bahkan ada pertemuan tahunan di Cimurui, Sumedang. Pada suatu kesempatan saya main ke Sumedang, karena sudah hami 2 tahun tidak kesana. Saya disambut oleh keluarga saya disana, dimasakin ikan nila goeng plus lalapan yang lezat. Keluarga saya juga baru membuka warung makan yang laris manis sekali. Disana saya juga sempatkan untuk bersih-bersih makam keluarga, serta saya tanami beberapa jenis tanaman seperti nangka untuk kenang-kenangan.
Tasyakuran yang dibuat oleh keluarga Sumedang
Ada suatu momen mengharukan pada saat di Sumedang yaitu saya lolos mendapatkan pekerjaan di Kementrian Pariwisata, Direktorat promosi pariwisata luar negeri. Keluarga saya disana membuatkan saya sebuah tasyakuran dengan mengundang tetangga sekitar, sunggu terharu saya kala itu. Mereka mendoakan agar pekerjaan saya lancar barokah, bahkan katanya bisa menjadi menteri, hehe. Pemandangan yang khas di Sumedang yaitu balong ( kolam ikan ), sawah serta gunung tampomas yang sangat indah. Ditambah dengan keramahan penduduk dengan bahasa sunda yang masih digunakan sehari-hari membuat Sumedang semakin spesial. Mencicipi tahu Sumedang di tempatnya langsung adalah hal yang wajib untuk dilakukan, ayok jalan-jalan ke Sumedang. * Mr Dhani Saputra - 2015 *.

No comments:

Post a Comment