Thursday, July 30, 2015

Pacitan, Jawa Timur, Dengan Segudang Tempat Wisata-nya

pacitan tur 008__1430114097_36.78.143.44
Makan bersama
Pacitan terletak di ujung selatan dari Jawa Timur, masih satu eks karisidenan madiun. Apabila mendengar kata Pacitan maka saya akan teringat dengan salah satu teman saya yang bernama Wildan Syamsudin. Dulu saya dan Wildan sama-sama satu SMA di Madiun. Wildan anak yang pintar dan baik hati, yang saya ingat juga logatnya yang sangat khas Pacitan. Pada dasarnya pacitan masih menggunakan bahasa jawa yang masih satu wilayah dengan eks karisidenan Madiun. Tetapi ada sedikit perbedaan dari beberapa kosa kata yang digunakan di Pacitan, yang mana menurut saya sedikit berbeda dengan tempat yang lain.
pacitan tur 006__1430115006_36.78.143.44
Di Gua Gong
Pacitan memiliki banyak sekali pesona wisata yang sangat indah. Pada awalnya saat diajak orang tua saya untuk jalan-jalan ke Pacitan, saya bilang kenapa sih harus ke Pacitan. Emang ada apa sih di pacitan, paling juga nggak ada apa-apa. Ehhh semua tebakan saya salah kaprah, Pacitan menyimpan ribuan pesona wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan. Pacitan memiliki semua hal, kita bisa menumukan gunung dan pantai dalam satu kota. Hutan dari Pacitan sangatlah asri dan indah, saya tercengang sepanjang perjalanan di Pacitan. Pacitan memiliki wisata pantai, goa, air panas, kuliner dan banyak lainnya.
pacitan tur 001__1430115208_36.78.143.44
Pemandian air panas
Pada awal perjalanan ke Pacitan kami jalan-jalan ke pemandian air panas yang cukup murah. Air panas disana terdiri dari dua bentuk yaitu kolam air panas untuk umum serta bilik-bilik eksklusif dengan membayar ekstra untuk memasukinya. Selain itu ada Goa yang sangat mahsyur dan indah. Goa ini berbeda goa yang lainnya karena dari stalaktit yang ada di goa tersebut bisa mengeluarkan suara layaknya gong. Goa ini juga dilengkapi dengan lampu-lampu yang sangat atraktif. Untuk menuju goa ini harus menempuh anak tangga yang lumayan panjang.
pacitan tur 009__1430115720_36.78.143.44
Di Pantai Teleng Ria
Satu hal lagi yang aku suka dari Pacitan yaitu kuliner khas yang mayoritas berasal dari aneka olahan laut. Makanan terfavorit saya yaitu aneka ikan yang dijual di pantai telengria. Di sana terdapat beberapa kios yang menjual aneka ikan yang telah diolah. Ikan yang paling saya suka adalah ikan marlin, yang mana rasanya hampir mirip dengan daging ayam. Kami sekeluarga membawa peralatan makanan dari rumah, kemudian membeli lauk ikan di pantai telengria. Pacitan adalah salah satu tempat terindah yang pernah saya kunjungi di Indonesia. *Mr Dhani Saputra -2105 *.

2 comments:

  1. Wah inikan kampung halamannya Bapakku. Bapak sering cerita tentang gua Gong, pengen ke sana tapi belum dikasih kesempatan oleh Allah. Nice post Mas Dhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya pacitan keren banget lho sofi... mksih ya udah komen. maaf baru buka blog...

      Delete