Thursday, July 30, 2015

Kelas Inspirasi Nganjuk, Sehari menginspirasi selamanya

2__1429153758_125.167.131.4
SDN Lengkonglor 1 Ngluyu
Kelas Inspirasi? Ehmmm, apa ya itu?. Mungkin masih banyak dari pembaca yang belum tahu apa itu kelas inspirasi. Kegiatan ini merupakan salah satu program dari Indonesia mengajar. Berawal dari ide yang menyatakan bahwa banyak yang ingin berkontribusi dalam dunia pendidikan di Indonesia, sedangkan untuk mengikuti "Indonesia Mengajar" butuh waktu yang cukup lama yaitu satu tahun. Maka dari itu dibuatlah kegiatan semacam "Indonesia Mengajar", namun hanya membutuhkan waktu satu hari saja. Lalu apa beda Kelas Inspirasi dengan Indonesia Mengajar? kalau kelas inspirasi kegiatannya berupa pemberian inspirasi kepada anak sekolah dasar sedangkan Indonesia mengajar kegiatannya berupa pemberian materi pelajaran sehari-hari.
4__1429154121_125.167.131.4
Mengajarkan apa itu internet
Pada tahun 2015 ini merupakan pengalaman pertama saya mengikuti kelas inspirasi, yaitu di kelas inspirasi Nganjuk. Saya mendaftar sebagai seorang blogger karena di dalam peraturan untuk menjadi relawan inspirator yaitu harus memiliki pengalaman kerja selama 2 tahun, kebetulan saya sudah berkecimpung sebagai blogger selama 2 tahun. Seluruh relawan inspirator dan relawan fotografer di kelompokan dalam beberapa kelompok, saya masuk di SDN lengkonglor 1, ngluyu. Seperti reuni kecil-kecilan saya berada dalam satu kelompok bersama teman smp yaitu Ulfi Fitrainingrum dan Andika Aji Nugroho. Saya memberikan pengertian tentang apa itu profesi blogger, apa itu internet serta pengalaman kehidupan saya.


Sungguh pengalaman yang sangat seru dan berkesan bersama para relawan inspirator lainnya yang berprofesi sebagai pegawai pajak, penyiar radio, dokter, dan teknisi pesawat. Banyak kejadian yang tidak dapat dilupakan seperti ketua kami yang bernama Ulfi Fitrianingrum terjatuh dari sepeda motor saat menuju SDN lengkonglor 1, ada anak yang tidak dapat melanjutkan ke jenjang selanjutnya, seorang anak yang menggunakan sepatu butut serta anak yang di bully oleh satu kelas. Kelas inspirasi adalah salah satu kegiatan yang positif, sebagai sumbangsih bagi masa depan para penerus bangsa kelak. Semoga sedikit kontribusi saya ini bisa bermanfaat bagi kampung halaman saya di Nganjuk, Aamiin. * Mr Dhani Saputra - 2015 *.
IMG_8523__1429154913_125.167.131.4
Bersama para inspirator, fotografer, Guru, staff dan murid SDN lengkonglor 1 ngluyu

No comments:

Post a Comment